6 MAKANAN YANG COCOK UNTUK JANTUNG SEHAT

6 MAKANAN YANG COCOK UNTUK JANTUNG SEHAT
    Jantung merupakan salah satu organ penting dalam tubuh.Ia berfungsi untuk memompa darah dalam tubuh.Oleh karena itu kesehatan jantung perlu diperhatikan dengan baik.Konsumsi makanan sehat salah satunya dapat menjaga kestabilan fungsi jantung dan juga mencegahnya dari gangguan penyakit yang fatal seperti serangan jantung misalnya,yang dapat menyebabkan resiko kematian.Dikutip dari EatingWell,berikut 6 makanan yang cocok untuk menjaga jantung tetap sehat.
1.       Yogurt
    Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan yogurt bisa melindungi dari terjangkit penyakit gusi,dimana penyakit tersebut dapat meningkatkan resiko penyakit jantung pada seseorang.Hal tersebut dibuktikan dari analisis peneliti Jepang yang menemukan hampir 1000 orang dewasa yang terbiasa mengonsumsi yogurt memiliki gusi yang sehat.Selain itu yogurt juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan dan kekebalan tubuh.
2.       Kismis
    Sebuah penelitian juga menunjukkan kandungan antioksidan yang ada didalam kismis dapat menghalau pertumbuhan jenis bakteri tertentu yang dapat menyebabkan peradangan dan penyakit gusi.Orang-orang yang mengalami penyakit gusi diperkirakan memiliki kemungkinan yang lebih besar terkena penyakit jantung.Jadi,diperlukan pemilihan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh.
3.       Biji-bijian
    Biji-bijian memiliki kandungan antioksidan,fitoestrogen dan pitosterol yang dapat melindungi dari penyakit coroner.Oleh karena itu,orang-orang yang terbiasa mengonsumsi biji-bijian cenderung lebih kecil beresiko terkena penyakit jantung.
4.       Kacang
    Kacang memiliki banyak kandungan yang melindungi jantung seperti flavonoid,yang menghambat adhesi trombosit dalam darah ,yang membantu mengurangi resiko serangan jantung dan stroke.Sebuah studi yang diterbitkan Journal of Nutrition menunjukkan bahwa konsumsi ½  cangkir kacang pinto setiap harinya dapat menurunkan tingkat kolestrol.
5.       Ikan
    Sebuah studi menunjukkan bahwa mengonsumsi dua atau lebih porsi ikan setiap minggu dapat menurunkan 30% resiko terkena penyakit jantung coroner untuk jangka panjang.Ikan terutama yang jenis berminyak,seperti salmon dan tuna,mengandung Omega-3 yang membantu mengatur tekanan darah dan irama detak jantung.
6.       Tomat
    Memiliki kandungan vitamin C,vitamin A,kalium dan serat yang baik.Sebuah penelitian menunjukkan kandungan nutrisi dalam tomat dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.Disamping itu masih banyak makanan-makanan lain yang baik untuk kesehatan jantung seperti apel,buah beri,delima,pisang dan lainnya.

Postingan terkait:

10 Tanggapan untuk "6 MAKANAN YANG COCOK UNTUK JANTUNG SEHAT"

  1. Wih ternyata ini toh makanan yang bikin jantung sehat, thanks gan informasinya gan

    Dan jangan lupa berkunjungi balik ke
    => https://www.kompidownload.com/ <=

    BalasHapus
  2. ternyata tomat yang setiap hari saya temuin dirumah bisa punya manfaat buat jantung. tapi bener juga mas, kesehatan jantung emang harus di perhatikan. mulai sekarang saya mau coba makan makanan yang di anjurkan di atas

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah..hampir semua makanan tadi sy biasa mengkonsumsinya..terima kasih

    BalasHapus
  4. infonya bagus gan,mungkin akan sangat membantu untuk kedepan nanti
    ditunggu artikel nantinya yang lebih inspiratif

    BalasHapus
  5. kalau untuk masyarakat luas mungkin hanya bisa mengkonsumsi dari poin 3-6 yaitu biji-bijian,kacang, ikan dan tomat karena disamping harga yang murah namun juga mudah didapatkan.sebernarnya masyarakat banyak yang tidak mengerti akan manfaat lebih dari jenis makanan diatas, tapi secara tidak langsung mereka telah menjaga jantung mereka dengan selalu mengkonsumsinya

    BalasHapus
  6. Yoghurt dengan susu sama atau berbeda gan?

    BalasHapus
  7. Terimakasih gan...artikelnya sangat bagus buat kakek saya yang sering sakit jantung gan..mulai sekarang saya akan memberikan buah buahan yang sehat...seperti yang tertera di artikel diatas :)

    BalasHapus
  8. Terimakasih gan...artikelnya sangat bagus buat kakek saya yang sering sakit jantung gan..mulai sekarang saya akan memberikan buah buahan yang sehat...seperti yang tertera di artikel diatas :)

    BalasHapus
  9. Wow ikan selain bikin cerdas dgn omega 3nya tapi bikin jantung lebih sehat lagi ya mas? Banyak manfaatnya ya, Alhamdulillah selain enak manfaat nya juga berlimpah

    BalasHapus