TINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK,IN MAKANANNYA!

TINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK,IN MAKANANNYA!
Kinerja otak yang optimal dapat membantu melancarkan aktivitas sehari-hari.Dimana otak memiliki andil besar bagi manusia.Terutama dalam aktivitas belajar,yang mana kemampuan otak yang baik akan sangat membantu.Otak yang cerdas cenderung dikaitkan dengan kemampuan seseorang dalam menangkap,memahami,mengingat dan mengaplikasikan hal-hal baru yang dipelajari.Disamping itu otak juga memerlukan asupan tersendiri sebagaimana organ-organ yang lain.Sehingga kinerja otak tetap berjalan secara optimal.Berikut makanan yang baik untuk asupan nutrisi otak seperti dikutip dari WebMD.
1.       Blueberry
Penulis SuperFoods Rx : Fourteen Foods Proven to Change your Life,Steven Pratt,MD mengatakan bahwa dalam sebuah studi telah menemukan bahwa blueberry dapat membantu melindungi otak dari stres oksidatif dan dapat mengurangi efek dari kondisi yang berkaitan dengan usia seperti penyakit Alzheimer atau demensia.Studi lain juga menunjukkan diet pada blueberry secara signifikan meningkatkan kapasitas belajar dan keterampilan motorik.
2.       Ikan Salmon
Ikan Salmon memiliki kandungan Omega-3 asam lemak esensial,yang baik untuk fungsi otak.Omega-3 juga mengandung zat anti-inflamasi.Atau juga jenis ikan lain yang juga mengandung manfaat Omega-3 seperti ikan sarden dan herring.Direkomendasikan mengonsumsinya sekitar 2-3 porsi seminggu.
3.       Kacang-kacangan dan Biji-bijian
Merupakan sumber kandungan vitamin E yang baik.Jenis kacang seperti kenari terbukti mengandung DHA –sejenis asam lemak Omega-3 yang dapat melindungi kesehatan otak pada bayi dan meningkatkan kerja kognitif pada orang dewasa.Sebuah studi juga menunjukkan ibu yang memiliki asupan cukup DHA memiliki anak-anak yang cerdas.Jenis kacang-kacang lain dan jenis biji-bijian juga dapat meningkatkan kinerja otak seperti kacang almond,kacang,kacang mete,biji wijen,biji bunga matahari,biji rami.
4.       Alpukat
Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berkontribusi untuk kesehatan aliran darah.Alpukat juga menjaga tekanan darah,yang mana hipertensi merupakan salah satu faktor penurunan kemampuan kognitif.Jadi tekanan darah harus tetap stabil untuk meningkatkan kesehatan otak.
5.       Delima                                                                                                      Mengandung manfaat antioksidan yang besar.Antiokasidan tersebut berkontribusi melindungi otak dari kerusakan radikal bebas.Dianjurkan mengonsumsinya 2 ons per hari.Selain itu disarankan mengonsumsi buah-buahan lain yang juga memiliki kandungan antioksidan seperti buah jeruk dan sayuran berwarna.

Postingan terkait:

11 Tanggapan untuk "TINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK,IN MAKANANNYA!"

  1. Ternyata makanan mempengaruhi otak ya , wah bisa saya tingkatkan mengonsumsi makanan seperti yang disebutkan di atas supaya kinerja otak saya meningkat

    BalasHapus
  2. Alpukat meningkatkan kemampuan otak ? Wah saya bisa makan buah alpukat dengan sering nih :D biar otak saya pintar wkwk

    BalasHapus
  3. Blueberry sebagai salah satu makanan untuk otak, apakah sama dengan anggur ? Soalnya saya sering menemukan anggur di daerah sekitar

    BalasHapus
  4. Jadi selama ini kemampuan otak ane meningkat ya, ane sering mengkonsumsi alpukan delima sama kacang kacangan , nanti deh minta di buatin makanan ikan salmon sama blubery ke emak biar makin sip

    BalasHapus
  5. Terimakasih gan jadi tau makanan yang bisa bikin meningkatkan kemampuan otak

    BalasHapus
  6. Wah ternyata makanan di atas sangat berguna ya. Bagus buat pertumbuhan

    BalasHapus
  7. ternyata makanan" nya gk susah untuk didapat, bisa langsung diterapkan nih... makasih gan

    BalasHapus
  8. Selain makanan jenis diatas , makanan apalagi tuh gan yang bisa meningkatkan kemampuan otak??
    Soalnya makanan diatas jauh dari tempat ane gan..

    BalasHapus
  9. Wah delima di daerah saya susah nih hehe, tapi masih ada apukat, makasih mas infonya

    BalasHapus
  10. Saya coba tipsnya dari yang murah dulu yaitu kacang kacangan, kayaknya cemilan yang pas sambil ngeblog sambil makan kacang kacangan biar makin smart.

    BalasHapus
  11. saya juga sering mendengar kalau makanan akan mempengaruhi tingkat kecerdasan seseorang, tapi baru tau kalau makanan seperti yang artikel ini sebutkan bisa membantu.

    BalasHapus